Rabu, 09 November 2011

SOAL UTS XII GASAL


NASKAH SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GASAL 2011/2012

MAPEL :  BIOLOGI                              KELAS : XII  IPA                                  WAKTU: 90 MENIT

JAWABLAH DENGAN TEPAT   !
1.       Sekelompok siswa SMA Negeri 1 Klaten melakukan  percobaan sebagai berikut : 
Menanam 15 biji kacang hijau pada 4  pot   yang ukurannya sama dan  menggunakan  media tanam berupa pasir dengan jumlah pupuk urea sebanyak  0 gram, 5 gram, 10 gram dan 15 gram.  Tiap hari tanaman pada masing-masing pot disiram dengan  50 ml air dan mulai hari ke-10 ditambah disiram dengan   50 ml hasil fermentasi urin sapi dengan penyiraman dilakukan tiap pagi hari, pukul 08.00-09.00 WIB. Tiap  10 ml urin hasil fermentasi setara dengan  0, 01 gram urea. Penambahan penyiraman   dengan urin sapi dilaksanakan sampai tanaman  berumur 20 hari. Setelah  5 minggu sekelompok siswa tersebut mengukur tinggi tanaman, berat basah tanaman dan kandungan klorofilnya.
Berdasarkan percobaan ini, dengan asumsi  seluruh tanaman kacang hijau yang ditanam itu hidup, tentukan
a.       Judul eksperimen ini (nilai 2)
b.       Rumusan masalah eksperimen ini (nilai 2)
c.        Variabel bebas, dan variabel  kontrolnya (nilai 2)
d.       Hipotesis (nilai 2)
e.       Jika kebutuhan tiap tanaman adalah  0,1 gram urea    20 hari,  jelaskan tanaman mana yang akan memiliki kadar klorofil yang terbanyak ? Jelaskan !  (nilai 4)
f.         Apa yang akan terjadi jika tanaman-tanaman itu diberikan kondisi pencahayaan yang berbeda-beda ? Manakah yang  memiliki tinggi tanaman yang paling tinggi ? Mengapa demikian ? (nilai 4)
g.       Gambarkan struktur penampang melintang  batang kacang hijau yang masih muda hasil eksperimen percobaan ini ! (nilai 4)
 2.   Hormone is important  to make plant growth faster. What is the  name of hormone which  influences  physiological condition  of  the plant below ?
a.   Length growth ( value 1)
b.   Giant growth ( value 1)
c.   Cell division ( value 1)
d.   maturation of Fruit ( value 1)
e.   Hurt closing ( value 1)
3.    Buatlah tabel untuk mendeskripsikan 4 tahap respirasi aerob, menyangkut perubahan zat antara yang terjadi,  Jumlah NADH2, FADH2, dan ATP, serta tempat terjadinya masing-masing proses tersebut !   (nilai 20)
4.   Explain the  difference of dark reaction and light reaction photosynthesis  based on...
a.  place of the happening ( value 4)
b.  process the happening ( value 4)
c.  yield ( value 4)
5.       Mention at least 3 characteristics  of Catalaze  enzym’s  activities !  (value 6)
6. Jika  pasangan suami istri  bisu tuli  dengan genotif Ddee dan ddEE  menginginkan memiliki tiga orang  anak,  Tentukan
      a. kemungkinan tiga anaknya normal   (nilai 3)
      b.  2 anaknya  normal dan  1 anak bisu tuli  (nilai 3)
     c.  1 anak normal,  2 anak bisu tuli  dua-duanya laki-laki.  (3)
7. Dalam suatu experimen  test cross antara [BL/bl] lalat buah berdada warna hitam dengan sayap   panjang dengan lalat buah berdada kelabu sayapnya pendek [bl / bl] diperoleh keturunan sebagai berikut :
  - dada hitam sayap panjang = 1752
  - dada kelabu sayap pendek = 1405
  - dada hitam sayap pendek = 216
  - dada kelabu sayap panjang = 188
 a) Tulislah diagram persilangannya.  (nilai 3)
 b) Hitung persentase kombinasi  parentalnya  (nilai 3)
  c) Hitunglah Nilai pindah silangnya  (nilai 3)
  d) Buatkan  Peta Kromosomnya   (nilai 2)
8.  Buatlah diagram perkawinan  dan tentukan  genotif dan fenotif  keturunan dari  perkawinan  dibawah ini  (diketahui ada  interaksi gen pada perkawinan ini) !
a.  Salah satu orang  mullato terang (aaBb)   dengan  orang negro   (nilai 3)
b.  Ayam berpial biji (rrPp)  dengan dengan  ayam berpial   bilah  (nilai 3)
c. Perkawinan tikus yang bergenotif Hhkk dengan dengan HhKk. Jika  seluruh anak tikus yang dihasilkan 12, maka berapakah tikus hitamnya ? (Sifat hitam (H) epistasis terhadap kuning (K)  (nilai 3)
9. Perkawinan dua tanaman dihibrid menghasilkan keturunan  dengan perbandingan fenotip 12 : 3 : 1. Akan tetapi pada waktu tanaman dihibrid  itu di test cross, dihasilkan keturunan yang memisah   menjadi 164  tanaman berbunga putih, 88 berbunga merah jambu, 68 kuning.  Lakukan  Uji X2 dan tetapkanlah apakah hasil test cross itu sesuai  dengan perbandingan yang sebenarnya yang  diharapkan !  Nilai X2 tabel ( 0,05, 1) = 3,84; (0,05,2) = 5,99; (0,05,3) = 7,82; (0,05,4) = 9,49   (nilai 8)


~Good Luck~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar