Selasa, 24 Januari 2012

SKL UJIAN NASIONAL BIOLOGI SMA TAHUN 2012

  •        NO
  •            INDIKATOR
  • 1
  • Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
  • 2
  • Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista/jamur.
  • 3
  • Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/ Eubacteria bagi kehidupan manusia.
  • 4
  • Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
  • 5
  • Menjelaskan tujuan dari upaya pelestarian keanekaragaman hayati tertentu.
  • 6
  • Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
  • 7
  • Mengidentifikasi cara perkembangbiakan invertebrata.
  • 8
  • Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan.
  • 9
  • Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem.
  • 10
  • Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
  • 11
  • Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
  • 12
  • Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/ proses yang terjadi pada sel.
  • 13
  • Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan.
  • 14
  • Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya.
  • 15
  • Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi pada manusia.
  • 16
  • Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya.
  • 17
  • Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya.
  • 18
  • Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/ gangguannya.
  • 19
  • Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia/ gangguannya.
  • 20
  • Menjelaskan sistem regulasi pada manusia.
  • 21
  • Menjelaskan sistem indera pada manusia.
  • 22
  • Menjelaskan sistem reproduksi manusia.
  • 23
  • Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
  • 24
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
  • 25
  • Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh.
  • 26
  • Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat.
  • 27
  • Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan.
  • 28
  • Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob).
  • 29
  • Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
  • 30
  • Menjabarkan proses sintesis protein.
  • 31
  • Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
  • 32
  • Menginterpretasikan persilangan dengan hukum Mendel.
  • 33
  • Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
  • 34
  • Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
  • 35
  • Mengidentifikasi peristiwa mutasi.
  • 36
  • Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
  • 37
  • Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada mekanisme evolusi.
  • 38
  • Menjelaskan peran bioteknologi.
  • 39
  • Menjelaskan contoh bioteknologi konvensional/ modern.
  • 40
  • Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar